Thursday, March 28, 2013

Introvert Itu...



     Mendengar kata introvert, orang-orang mungkin akan langsung men-judge introvert sebagai orang yang pemalu, nggak asik, pendiam, penyendiri, dan sebagainya. Padahal orang introvert masih seru, kok diajak berteman.  
     Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial yang terlalu acak. Introvert lebih senang berkumpul dengan teman dekat saja. Introvert membenci basa-basi, oleh sebab itu mereka senang dengan perbincangan yang padat dan bersifat informatif. Namun, seorang introvert tak sepenuhnya senang menyendiri, hanya saja mereka lebih memilih untuk memiliki segelintir teman dekat. Seorang introvert pun tidak pernah menceritakan tentang hal yang bersifat pribadi kepada sembarang orang.

   Adapun ciri-ciri dari introvert yaitu:

  1. Hanya tertarik dan perhatian dengan hal yang berhubungan dengan dirinya sendiri.
  2. Sedikit berbicara dan kurang berinteraksi dengan orang banyak.
  3. Merasa nyaman melakukan aktivitas individual.
  4. Lebih suka sendirian daripada berada di keramaian.
  5. Cenderung pemikir yang serius. Selalu berpikir sebelum bertindak.
  6. Hanya mau membuka diri dengan orang-orang yang dekat dengannya.
     Namun bukan berarti orang dengan sifat introvert itu anti sosial dan pemalu kok, mereka cuma lebih suka membuka diri dengan orang yang dekat dengan mereka. Mereka juga tahu caranya bersenang-senang, meskipun mereka bukanlah seorang party animal.


   Kelebihan dari orang introvert yaitu:

  1. Smart. Karena ketika sendirian, orang introvert banyak berpikir dan menuangkan ide-idenya.
  2. Fokus. Mereka bisa sangat fokus mengerjakan sesuatu dan pekerjaannya cepat selesai.
  3. Good Listener. Orang introvert biasanya adalah pendengar yang baik. Dia akan sabar mendengarkan cerita  orang lain dan tidak akan ikut campur jika tidak diminta.
  4. Sabar. Mereka lebih suka menyelesaikan masalah dengan cara damai. Dia tidak suka berbicara keras dan lebih banyak mengalah saat ada konflik dengan orang lain.
  5. Best keep secret. Orang introvert sangat mengerti artinya sebuah rahasia, karena dia sendiri jarang mau membuka rahasianya kepada orang lain. Jadi, begitu dipercaya untuk menyimpan rahasia, dia akan menjaganya baik-baik.
   Gimana cara memperlakukan seorang introvert?


     Tau Albert Einstein, Warren Buffet, Tom Cruise, Julia Roberts, Christina Aguilera, Taylor Swift, Michael Jordan, Thomas Edison, Harrison Ford, dan Bill Gates kan? Ternyata mereka adalah orang-orang yang mempunyai sifat introvert lo!
     Terkejut? Nah, sekarang giliran kita untuk mengejutkan orang lain dengan prestasi kita.

4 comments: