Saturday, March 30, 2013

Hujan Bikin Galau?

Is this sound of the rain, your voice?
Is this a sound that calls to me? Am I the only one thinking of you?
Will this rain comfort me?
Do you know how I feel? I keep thinking of you
BAP-Rain Sound

     Musim hujan gini biasanya tiada hari tanpa rintik hujan yang mengalir di jendela. Sadar atau nggak, biasanya kalau hujan turun banyak yang pada galau tuh, apalagi yang mau malming-an. Yang jomblo biasanya pada seneng tuh, malah berdoa biar hujannya deras pas malming, hehehe, maklum jomblowati kayak aku ini kan biasanya Sabtu maleman sama tugas sekolah tercinta. Selain itu, biasanya adegan-adegan sedih sinetron terjadi di tengah hujan deras yang cetar membahana badai(>y<). Saking identiknya hujan dengan perasaan sedih, banyak lagu tentang hujan yang menggambarkan perasaan sedih penyanyinya, apalagi lagunya BAP-Rain Sound diatas.
     Yang jadi bingung, kenapa sih kalo hujan itu mesti galau? Apa memang ada hubungan cuaca dengan kondisi perasaan yang kadang tak menentu ini?
     Benarkah hujan bisa membuat galau? Seharusnya sih bisa, karena hampir semua orang mengaku saat hujan, kok hati berasa jadi down, pengennya mellow melulu, sedih. Coba baca penggalan lirik lagu diatas, berasa banget kan sedihnya? Tapi apa ada penyebab ilmiahnya? Dari hasil penelitian Denissen di Jerman terhadap 1.233 partisipan, memang sih ada kesimpulan kalau suhu dan angin dapat berpengaruh pada mood seseorang, khususnya mood yang negatif, tapi suhu dan angin tadi hanya membuat kita menjadi lelah dan lesu. Wajarlah, saat hujan, pasti suhunya jadi dingin, dan kadang angin juga berhembus, membuat kita jadi malas ngapa-ngapain. Tapi cuma sebatas itu aja, hujan gak akan membuat kita jadi depresi.
     Penyebabnya salah satunya adalah karena hormon. Menurut detik.com, saat hujan, cuaca pasti mendung, dan mata akan mendeteksi adanya cahaya yang sedikit. Nah, karena ada cahaya yang sedikit inilah membuat kelenjar pineal di otak akan mengeluarkan hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur. Kebayang dong, gimana kalau hormon tidur banyak, pastinya kita jadi ngantuk, lelah, mellow.
     Nah, sekarang tau kan kenapa saat hujan itu identik dengan perasaan sedih ataupun galau? Tapi yang penting nih, jangan keterusan galau. Masih banyak hal penting lainnya lo . . .

BAP-Rain Sound


No comments:

Post a Comment