Friday, March 15, 2013

Ta-Dah! It's Riau!

     Nah, berhubung aku anak Riau nih, aku mau bagiin 5 tempat yang pas banget buat dikunjungi dan narsis-narsis-an di Riau.

   1.Masjid An Nur Pekanbaru
Name:  masjidannur1.jpg
Views: 339
Size:  33.1 KB
Masjid An Nur Pekanbaru
     Dijuluki sebagai Taj Mahal-nya Indonesia karena memiliki pemandangannya mirip kemegahan yang dimiliki Taj Mahal. Masjid yang juga sebagai Islamic Center di Riau ini mempunyai fasilitas yang lengkap, seperti ruang untuk pendidikan Islam, taman yang luas, dan fasilitas hot spot gratis.
Pemandangan di malam hari

   2. Istana Siak

     Istana yang merupakan peninggalan dari kerajaan Siak Sri Indrapura ini memiliki perpaduan arsitektur Melayu-Arab-Eropa. Di Istana Siak kita dapat melihat beragam koleksi warisan kerajaan berupa kursi singgasana yang bersepuh emas, duplikat mahkota kerajaan, brankas kerajaan. Selain itu juga ada tombak, payung kerajaan, patung perunggu Ratu Wihemina, serta alat musik komet yang hanya ada dua di dunia.

   3. Jembatan Siak


     Jembatan ini terletak di Kabupaten Siak dan merupakan jembatan termegah di Riau.

   4. Perpustakaan Soeman HS


     Suka baca? Ayo ke perpustakaan yang disebut-sebut sebagai yang termegah di Indonesia dan Asia Tenggara ini!
     Bentuk bangunan dari kejauhan seperti atap gedung saling menyilang setengah lingkaran, tak ubahnya sebagai meja tempat untuk membaca Al Quran. Bentuk ini sebagai filosofi akan ajaran Islam yang erat dengan budaya Melayu.
     Pustaka ini berdiri megah dengan enam lantai yang dilengkapi lift. Gedung yang menelan dana Rp 144 miliar ini memiliki daya tampung 1.000 pengunjung. Sebagai daya tarik, gedung ini dindingnya dilapisi kaca transparan. Sehingga dari ketinggian gedung pengunjung juga dapat menikmati keindahan kota.
     Fasilitasnya juga lengkap banget lho! Ada WiFi, punya aula untuk rapat dan ruang kedap suara. Di lantai dasarnya ada kafe yang sangat terkenal di Pekanbaru, yaitu kopi Kimteng. Pokoknya lengkap banget deh!

     5. Main Stadium PON XVIII, Pekanbaru, Riau 2012



     Meskipun banyak cerita yang terjadi di balik PON 2012 di Riau (korupsi*ehem*), tapi stadion ini keren banget lo. Merupakan salah satu dari 9 Stadion Termegah di IndonesiaStadion yang diklaim memilki arsitektur unik dan termegah ini menghabiskan anggaran Rp800 miliar. 

Pesta Kembang Api di Pembukaan PON 2012
     Nah, itulah 5 tempat wisata di Riau. Sebenarnya masih banyak banget tempat wisata yang terkenal. Untuk yang masih kurang puas, silahkan di googling atau buka disini ya!

No comments:

Post a Comment